Sabtu, 06 Juni 2015

Sharing Menulis Bersama Mini GK

Sharing Menulis Bersama Mini GK 

Kali ini insyaAllah berkenan membagi ilmu menulis, senior kita, mba Mini GK (Darmini MA) Penulis Novel Best Seller "Stand By Me', novel terbarunya 'Pameran Patah Hati'
Teknisnya, silakan sahabat ajukan pertanyaan seputar dunia kepenulisan, khususnya fiksi di kolom komentar. Beliau InsyaAllah menjawabnya secara bertahap. mari ramaikan...

Prito Windiarto : Pertanyaan pertama mba Darmini MA, sekarang2 ini di ranah novel, menurut pengamatan mba, jenis (genre) apa yang sedang laris, apakah remaja ke-korea-korean, dll.

Darmini MA :
jawab buat Kak PRITO,
em, pertanyaannya sulit. ini bisa dijawab kalau kita tengok ke toko buku atau ke marketing/distributor smile emotikon

*terima kasih untuk kelasnya, saya jawab semampunya dan selonggarnya, yah smile emotikon *


Gigih Febri : Butuh berapa lama untuk riset novel, kak?

Dan, butuh berapa banyak buku untuk mengonsep ide novel?

Darmini MA :
Buat GIGIH

riset tergantung berat mudahnya naskah, kak. semakin susah atau belum familiar sebelumnya, ya semakin lama. kadang lamaan riset daripada nulis.

butuh berapa buku buat ide,
gak pakai pakai. ide datang dari mana mana, kak. tapi kalo yang dimaksud buku catetan, ya aku pakai buku khusus buat nyatet oret oretan.
*maaf, saya kurang paham pertanyaannya* grin emotikon

Era Drizzle : Mbak Darmini MA...gimana yah biar tulisan saya layak muat? Dari dulu sy suka ngerasa tulisan saya kurang dan kurang....tapi makin 'diubek2' deadlinenya terlewati terus.... bagi tipsnya dong kakak..

Darmini MA :
ERA,

pertama siapkan tema. mau nulis apa. terus buat kerangka/outline dan menulislah sesuai outline-mu.
jangan diubek-ubek dulu sebelum selesai. pas udah kelar, diedit, minta orang lain buat baca dan kasih masukan.
jangan lupa kamu juga banyak baca


Depianti Suwarman : Mb saya mau tanya,lebih disukai novel itu bergenre apa,percintaan remaja,penyakit yang parah atau ada unsur religi ? Terima kasih.

Darmini MA :
buat Depianti,
semua genre menarik.
kalo buat saya, saya suka romance. tapi kalo buat industri pasar/penerbitan saya kira ya sesuai trend pasar.

apa pun, usahakan olah temamu menjadi menarik dengan gayamu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar