Sabtu, 08 Desember 2012

KUIS KPS EDISI 04

KUIS KPS EDISI 04
  
 بسم الله الرحمن الرحيم

Assalaamu'alaykum Warohmatulloh Wabaarokatuh

 Ikhwah fillah.... kaifa halukum?  Masih tetap semangatkan? Tentu dong ^_^ 

Nah, seperti janji kami pada Sahabat KPS sekaian, kami masih setia membagikan hadiah yang mudah-mudahan bermanfaat buat kalian semua.. 

Mudah2an ilmu kita semakin hari semakin bertambah ya sobat, dan jangan lupa mengamalkan ilmu yang sudah di dapat. Ok sobat?

Yuuuk kita lihat pertanyaan edisi kali ini: 

1. Asbabun nuzuul surah Adh-dhuha?
2. Hijrah pertama kali dalam Islam hijrah kemana? dan apa nama negara tersebut  sekarang?
3. Dimanakah Nabi Alloh Musa "berbicara" dengan Alloh Ta'ala?

#Jawaban ditunggu sampai tanggal 11 Januari 2013

Silahkan jawab di kolom komentar ya...
Semakin cepat sobat menjawabnya semakin besar kesempatan menangnya.. Tunggu apalagi sobat???
Oh ya jangan lupa follow blog kami yahhh..... ^_*

2 komentar:

  1. Bismillah...saya coba jawab akh.. :
    1. Ringkasnya :
    Imam Bukhari dan Imam Muslim serta selain keduanya, semuanya mengetengahkan sebuah hadis melalui Jundab yang menceritakan bahwa Nabi saw. mengalami sakit yang karena itu beliau tidak melakukan salat malam selama satu atau dua malam.

    kemudian datang kepadanya seorang wanita seraya berkata, "Hai Muhammad! Aku tidak berpendapat lain kecuali aku yakin bahwasanya setanmu itu telah meninggalkanmu." Maka Allah menurunkan firman-Nya, "Demi waktu Dhuha, dan demi malam apabila telah sunyi. Rabbmu tiada meninggalkan kamu dan tidak (pula) benci kepadamu." (Q.S. Adh Dhuhaa 1-3).

    2. Habasyah atau Abyssinia yang kini dikenal dengan negara Ethiopia

    3. Di gunung Tursina

    Email : iruly_fillah@yahoo.com

    BalasHapus
  2. bismillahirrahmanirrahim
    dengan izin allah saya mencoba menjawabnya
    1. Dalam surah ini, Allah swt menurunkan kasih sayang dan melimpahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad saw. Allah ingin mengobati penderitaan yang dialami oleh Nabi Muhammad saw. sekaligus memberikan ketenangan dan keyakinan kepadanya.
    Ad-Duha diturunkan secara khusus untuk Nabi Muhammad saw. Surah ini untuk menghibur, menyenangkan dan menenangkan hati beliau yang sedang kesusahan karena ejekan-ejekan dari kaum kafir Quraisy.
    Dalam beberapa riwayat, diceritakan bahwa Nabi Muhammad saw. menderita sakit hingga membuatnya susah bangun. Beliau berbaring ditempat tidurnya dan tidak bangun untuk salat Tahajud semalam atau dua malam. Kemudian datanglah seorang wanita musyrik dan berkata, “wahai Muhammad, aku melihat setanmu telah pergi meninggalkanmu.”
    Sufyan Ibnu Uyainah meriwayatkan bahwa malaikat Jibril tidak datang membawa wahyu kepada Nabi Muhammad saw. sekitar lima belas hari. Lamanya wahyu tidak turun itu membuat orang-orang kafir mengatakan, “Muhammad telah ditinggalkan oleh Tuhannya.”
    Berikut ini sebuah hadis yang menceritakan asbabun nuzul surah ad-Duha baca dan perhatikan baik-baik
    Artinya :
    Dari Junduh, dia berkat, “Nabi saw. menderita sakit hingga dia tetap berbaring di tempat tidurnya dan tidak bangun untuk salat Tahajud semalam atau dua malam. Kemudian, datang seorang wanita dan berkata, “Wahai Muhammad, aku melihat setanmu telah pergi meninggalkanmu.” Lalu, Allah swt. Menurunkan surah ad-Duha ayat 1-3 ersebut (demi waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah), dan demi malam apabila telah sunyi, Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu).” (HR. Ahmad no. 18051)
    2.Hijrah pertama, dilakukan oleh sebagian kaum muslimin ke arah selatan, ke Habasyah, untuk melarikan agama mereka dari fitnah kaum Quraisy. Mereka menuju Habasyah di Afrika, suatu negeri di bawah Raja Nasrani bernama Najasyi yang memberikan jaminan keamanan dan kebebasan beragama kepada umat Islam. Kaum muslimin menyelamatkan agama mereka dari rongrongan permurtadan yang dilakukan oleh kaum Quraisy.
    adapun Menurut Dr Sayuqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith al-Nabawi, wilayah al-Habasyah, saat ini dikenal dengan nama Ethiopia atau Eritrea


    3. diBukit Tursina,pada awalnya Nabi Musa berkeinginan untuk bertemu dengan Allah Swt, kemudian Allah SWT memerintahkan Nabi Musa untuk datang ke bukit Tursina,

    Nama : Fitria Fajrina
    email : fifa_ctr@yahoo.com

    BalasHapus