Selasa, 25 November 2014

Profil Pondok Pesantren Darul Huda, Manyak

Profil Pondok Pesantren Darul Huda, manyak

Pondok Pesantren Darul Huda adalah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren yang ada di kabupaten Ponorogo. Berdiri sejak tahun 1968 M. Menggunakan metode salafiyah haditsah, dengan maksud bahwa Pondok Pesantren Darul Huda melestarikan metode lama yang baik dan mengembangkan metode baru yang lebih baik.
Metode ini diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huda dengan bentuk pendidikan formal dan non formal.Adapun Pendidikan formal meliputi: MTs (sederajat SMP), MA (sederajat SMA), dan Madrasah Diniyah (MMH). Sedangkan pendidikan non formal diselenggarakan dalam bentuk pengajian kitab-kitab kuning ala salafi.
Dengan metode tersebut, santri Pondok Pesantren Darul Huda dapat mempelajari ilmu pengetahuan  agama Islam secara utuh, dalam arti tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan agama Islam seperti : syari′at, tauhid dan tasawwuf dalam rangka″Tafaqquh fi diin″ tetapi juga mempelajari ilmu pengetahuan agama Islam yang bersifat umum seperti fisika, kimia, biologi dan lain-lain dalam rangka ″tafakkur fi kholqillah″. Sehingga dengan metode tersebut akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di zaman yang serba modern ini.
Metode yang digunakan di Pondok Pesantren Darul Huda adalah perpaduan antara Pesantren Salafiyah dan Modern (Ala Nahjis Salafiyatil Haditsah ) dengan berpedoman pada:
المحافظة على القديم الصالح و الاخذ بالجديد الاصلح
″Melestarikan (metode) lama yang baik dan mengambil (metode) baru yang lebih baik″
Dalam mengenal dan memahami keberadaan pondok pesantren Darul Huda ada satu hal yang wajib dimengerti dan dipahami, bahwa segala bentuk kegiatan dan peraturan yang ada di pondok pasti mempunyai tujuan yang baik dan demi kebaikan seluruh santri di masa yang akan datang.


Dianggit dari web http://darulhudamayak.com/, silakan kunjungi web tersebut untuk info lebih lanjut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar