Sabtu, 09 Maret 2013

Tiada Hari Tanpa Al Qur'an

Tiada Hari Tanpa Al Qur'an
oleh: Pirman
No Day Without Qur'an

Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa surah al-Ikhlash itu setara dengan sepertiga al-Qur'an. Maka, mereka yang salah faham-pun mencukupkan diri dengan membaca al-Ikhlas sebanyak tiga kali dan berdalih, "Pahalanya sama dengan membaca al-Qur'an full 30 juz."

Lalu, kenapa mereka tidak membaca surat al-Zalzalah sebanyak dua kali saja dan mengatakan bahwa, "Pahalanya sama dengan membaca al-Qur'an 30 juz?" Kan, ada juga hadits yang menyebutkan bahwa surah al-Zalzalah setara dengan setengah al-Qur'an?

Akhirnya, kita harus memahami dengan benar. Bahwa yang dimaksud adalah kandungan dari masing-masing surah tersebut. Bahwa Tauhid yang terkandung di dalam surah al-Ikhlash dibahas sebanyak sepertiga isi al-Qur'an. Sedangkan Akhir Zaman yang dibincang dalam al-Zalzalah memakan porsi yang tidak sedikit dalam Qur'an. Bahkan, banyak dibahas di awal dakwah di Makkah al Mukarromah.

Semoga kita tak cukup hanya dengan membaca al-Ikhlash sebanyak tiga kali. Melainkan terus tilawah, tilawah, tilawah dan aneka interaksi dengan Qur'an sebanyak dan sekualitas kita mampu. Karena ketika kita menjauh dr Qur'an, Qur'anpun tidak akan mendekati kita.

Maka, salah satu bencana yang menimpa seorang muslim yang mukmin, adalah ketika ia jauh dari Perkataan Yang Dicintainya, Qur'an.

Insya Allah, kita akan teriakkan dan praktekan bersama, "No Day Without Qur'an." Sehingga Qur'an, menjadi syafa'at bagi ahlinya, kelak di yaumul akhir.

Allahummarhamna bil Qur'an. Aamiin. Waj'alil qur'anaa lanaa fin dunya Qoriina. AAmiin. Wa fil Qiyamati Syafi'an. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar