Selasa, 23 Juli 2013

Contoh Kultum: Waktu: Atur Aku, Kau Bahagia

Contoh Kultum: Waktu: Atur Aku, Kau Bahagia
Bisri Mustofa
Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Alhamdulillahirabbil ‘aalamin... segala puji bagi Allah SWT, satu-satunya Tuhan yang patut kita sembah. Tuhan yang tak berbilang dan tidak pernah membutuhkan makhlukNya. Shalawat dan salam semoga selalu mengalir ke pangkuan kekasih kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabat beliau.
Saudara saudariku yang dirahmati Allah!
Allah berfirman dalam surat Al-Ashr (103): 1-3 sebagai berikut:
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Waktu, bukan harta bukan tahta atau apapun yang bisa didefinisikan secara materi tetapi harganya jauh lebih mahal dari apapun di dunia ini. Orang terkaya pun itu karena mereka pandai dalam memanfaatkan waktu dalam mencapai tujuan hidup mereka. Kata yang sering terucap dari mulut kita adalah “aku tidak punya waktu untuk itu”, benarkah demikian? Bukankah Allah telah memberikan porsi waktu yang sama untuk semua makhluk di bumi ini? Lalu kenapa ada sebagian orang yang sukses sedangkan sebagian lagi tidak bernasib demikian? Terlepas dari takdir Allah, kebanyakan dari mereka yang sukses adalah karena kepandaian mereka dalam me-manage waktu. 24 jam harus di bagi sedemikian rupa agar apapun tujuan kita bisa tercapai. Dalam pengaturan waktu akan lebih baik jika kita menyusun skala prioritas kegiatan terlebih dahulu. Tentukan mana yang harus lebih dulu selesai dan harus segera mencapai target, maka dengan demikian tidak akan ada istilah dikejar-kejar waktu.
Sering kita mendengar waktu adalah uang, waktu adalah berlian, waktu adalah pedang dan waktu adalah adalah yang lain. Terserah kita menganalogikan waktu dengan apa, yang terpenting tugas kita adalah mengisi setiap detik, menit dan jam yang Allah berikan dengan baik. “Ah, nanti saja kukerjakan itu. Masih ada waktu”. Anda yakin masih ada waktu? Bagaimana jika sedetik kemudian Allah memanggil malaikat Izrail untuk bertamu ke rumah Anda?. Tidak ada istilah menunda pekerjaan, lakukan apa yang bisa kita lakukan sekarang karena detik, menit dan jam yang kita nikmati sekarang tidak akan pernah kembali lagi.
Saudara saudariku yang dirahmati Allah!
Jika kita ingin mengetahui betapa berharganya waktu muda itu, tanyakan ke kakek atau nenek kita. Jika kita ingin mengetahui betapa berharganya waktu sehat itu, tanyakan kepada orang terbaring lemah di atas ranjangnya. Jika kita ingin mengetahui betapa berharganya waktu kaya itu, tanyakan kepada saudara atau tetangga kita yang terkena musibah bangkrut. Maka masihkah kita membiarkan waktu meninggalkan kita begitu saja tanpa ada karya dan presatasi yang mampu kita ciptakan? Demi masa, kita akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.
Semoga sedikit tulisan ini bisa memberi manfaat kepada kaum muslim semua. Mohon maaf atas segala kesalahan. Wabillahi taufiq wal hidayah.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Biodata Penulis:
Nama lengkap saya Riska Ayu Purnama Sari. Saya lahir di Desa Harjokuncaran, Sumbermanjingwetan-Malang 20 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 9 Mei.  Saat ini saya menempuh pendidikan S1 di STAI Al-Qolam dan berdomisili di PonPes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo, Gondanglegi-Malang. Bisa menghubungi saya di 087859513069.
Laila rahma adalah pecinta puisi, penikmat sastra. Penulis  berdomosili di Jln. K.H A.Dahlan rt 06 rw 01  Kp. Tanjakan kec Rajeg-Tangerang Kode pos 15540. Bisa dihubungi di 083873660668.


Nama dr.Rosaria Indah, M.Sc, lahir di Banda Aceh dan berkerja sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.  Istri dari Saifunsyah, SE, M.Si, Ak.  Ibu dari 2 anak, Wafa Syahida dan Haybah Shabira.  Alamat rumah jalan Soekarno Hatta No.5, Lamteumen Barat, Banda Aceh 23236.  Alamat email: rosariaindah@yahoo.com atau rosariaindah1974@gmail.com. No HP 082366684940.  Antologi yang pernah diterbitkan: Surat Cinta untuk Murabbi (2012).


Nama saya adalah Bisri Mustofa.
Lahir pada 8 maret 1990. tempat tinggal saya di pinggiran Malang, yaitu di desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo kabupaten Malang. Alamat email saya adalah bmsoffa@gmail.com, sedangkan nomer HP saya 085785587460. FB:An Nectar. Sekarang saya sedang menuntut ilmu di Universitas Kanjuruhan Malang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Semester ini saya semester yang ke-delapan. Selain kuliah saya sekarang nyantri di pondok Gading PPMH Malang yang terletak dijalan Gading Pesantren no.38 Malang. Saya menghabiskan waktu sehari-hari di pondok itu. O iya alamat kampus saya ada di Jl. S Supriadi no. 48 telp. 0341801488 Malang 65148.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar