Selasa, 25 November 2014

PROFIL PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH

PROFIL PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH 


معهد الإصلاح الإسلامى

PONDOK PESANTREN 
AL-ISHLAH


Berdiri di Atas dan Untuk Semua Golongan
Mencetak Muslim Benar dan Pintar
Mendidik anak menjadi cerdas nan kuat,
berhati khusyu' nan ta'at,
berperilaku baik nan manfa'at,
bekerja keras nan giat
dan aktifis perekat umat.

DENGAN SLOGAN:

ِخَـــيْرُ النَّـــــــــاسِ أَنْفَعُهُـــــمْ لِلنَّـــــــــاس

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfa'at bagi orang lain" 
(HR. Ath-Thabrani)

Sekretariat: Jl. Raya Km. 07 No. 17-19, Dadapan, Grujugan, Bondowoso, Jawa Timur 68261, Indonesia
Telp: (0332) 424027, 427320. Fax: (0332) 424027
Email: ppalishlahbondowoso@gmail.com

PENDAHULUAN


Pondok Pesantren Al-Ishlah adalah merupakan lembaga pendidikan yang semula bernama Pondok Pesantren Miftahul Ulum (kunci ilmu pengetahuan). Didirikan oleh KH. Muhammad Ma'shum pada tahun 1970 di Desa Dadapan, Grujugan, Bondowosodi atas lahan + 1/2 Ha, wakaf dari dua orang paman istrinya (Hj. Maimunah) yang bernama Bapak Ridin dan Bapak Ahad (H. Ahmad Fathurrazy) dengan sebuah masjid yang dibangun secara gotong royong oleh masyarakat sekitar khususnya masyarakat Desa Dadapan utara sungai (Dejeh Songai) yang sekarang berfungsi sebagai Gedung Serba Guna (GSG). Murid pertama 3 orang santri dengan sistem perndidikan tradisional (mengaji/sorogan).

Kini Pondok Pesantren Al-Ishlah telah memiliki lahan seluas +10 Ha dan berdiri di atasnya gedung-gedung yang cukup memadai. Berpengalaman puluhan tahun mendidik putra putri muslimin menjadi muslim benar dan pintar, mu'min mu'minah yang sholih sholihah, mushlih/reformis, cerdas, lugas, dan tegas dalam kebenaran. Banyak lulusannya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di berbagai PTN/PTS  baik dalam dan luar negeri, antara lain: UI, UNAIR, UIN, STAIN, STIT Al-Ishlah, UNMUH, UNEJ, UNM, UMM, Univ. Al-Azhar Cairo, Univ. Al-Iman Yaman dll. Ribuan alumninya tersebar ke seantero nusantara dengan berbagai latar belakan skill dan profesinya, namun hidupnya berorientasi pada perjuangan perbaikan. Perbaikan Kualitas Diri, Kualitas Ekonomi dan Kualitas social masyarakatnya sesuai tujuan Al-Qur’an dan Sunnah sehingga keberadaannya bermanfaat bagi orang lain dalam rangka menggapai ridho Alloh SWT.


TUJUAN
Pondok Pesantren Al-Ishlah didirikan dengan tujuan mencetak muslim Benar dan Pintar, mukmin yang sholih dan mushlih/aktifis perbaikan yang selalu memperbaiki Kualitas Diri, Kualitas Ekonomi dan Kualitas Sosial Masyarakatnya serta menjadi Muballigh perekat umat.


KURIKULUM
Kurikulum Pondok Pesantren Al-Ishlah adalah kurikulum Pondok Modern Gontor yang dikembangkan dan dipadukan dengan kurikulum Kementrian Agama (Kemenag), kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tambahan muatan lokal yang diolah secara profesional.


LINGKUP KEGIATAN
Sebagai lembaga pendidikan, maka Pondok Pesantren Al-Ishlah telah menyelenggarakan kegiatan pendidikan sebagai berikut:
1. Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al-Ishlah
2. Taman Kanak-Kanak Islam terpadu (TKIT) Al-Ishlah
3. Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Ishlah
4. Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Ishlah
5. Kulliyatul Muballighien Al-Islamiyyah (KMI) Al-Ishlah, meliputi:
    - Madrasan Tsanawiyah (MTs) 
    - Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA
    - Program Takhasus
6. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ishlah
7. Tahfidzul Qur'an dan terjemah
8. Pelatihan cara cepat membaca kitab kunig metode Tamyiz

Di samping   kegiatan   pendidikan,   Pondok   Pesantren  Al-Ishlah   juga   telah  melaksanakan kegiatan  sosial,  diantaranya  adalah pemberian beasiswa bagi pelajar/mahasiswa tidak mampu, bantuan pembinaan usaha ekonomis produktif dan pelatihan-pelatihan serta akses permodalannya, bantuan rehabilitasi sosial bagi para penyandang masalah sosial dan aksi-aksi operasi katarak massal, operasi bibir sumbing massal, pengobatan massal, sunatan/khitanan massal.


KEUNGGULAN-KEUNGGULAN
1. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-Ishlah memadukan 3 model unggulan yaitu:
    - Ber'aqidah dan bersyari'ah sesuai Al-Qur'an dan  Sunnah Shohihah.
    - Proses belajar mengajar dan disiplin pondok menggunakan sistem     pendidikan Pondok  Modern Gontor. 
    - Tata krama atau adab sopan santun sehari-hari sesuai prinsip-prinsip     akhlakul karimah (Tradisional Islami/Salaf).

2. Lulusan Al-Ishlah mempunyai prinsip hidup yang jelas, benar yaitu bertujuan mengabdi kepada Allah SWT  dengan berpedoman kepada petunjuk dalam Al-Quran serta bertauladan kepada perilaku Rasul Allah dan senantiasa bekerja keras menegakkan haq/kebenaran dan siap berkorban, harapannya akhir kehidupannya happy ending dalam jalan Allah.

3. Menjadi da'i dan muballigh  perekat ummat.

4. Berbudi luhur dan senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip kesholihan serta senantiasa melaksanakan ibadah-ibadah sunnah (sholat malam, Sholat Dluha, puasa senin - kamis, puasa putih dll)

5. Mampu berbahasa Arab dan Inggris (Ada kewajiban berkomunikasi bahasa Inggris dan Arab serta latihan pidato).

6. Mempunyai Life Skill, Kemampuan Management, Leadership (ada Pelatihan)

7. Hafal  Al - Quran 4 Juz minimal dengan bacaan sesuai tajwid dan terjemah harfiyah dan  murodiyah.

8. Bagi santri lulusan KMI dapat melanjutkan ke Fakultas Eksakta maupun Sosial (Fak. Kedokteran, Fak. Teknik Perkapalan, Fak. Teknik Kimia, Akademi Militer, Fak. Keagamaan dan fakultas-fakultas lainnya) karena MA. Al-Ishlah mengambil program jurusan IPA.

9. Bagi Santri lulusan STIT (Sarjana Strata I) dapat melanjutkan program S-2 dengan bea-siswa di beberapa PTN/PTS di dalam maupun luar negeri, antara lain; Universitas Al-Auza’iy Lebanon, Kolej University Islam Selangor     Antar Bangsa - Malaysia dan Universitas Islam di Yaman.


FASILITAS
Fasilitas di Pondok Pesantren Al-Ishlah sebagai Islamic Boarding School  pada saat ini   walau sederhana  dan belum  lengkap  seratus persen namun boleh dibilang cukup memadai  dengan  garis  demarkasi  yang jelas antara kawasan  santri putra dan kawasan santri putri, di antaranya :
1. Asrama Putra
2. Masjid Putra
3. Asrama Putri
4. Masjid Putri
5. Gedung Sekolah Putra
6. Gedung Sekolah Putri
7. Laboratorium Bahasa, Komputer dan Micro Teaching
8. Kantor, Gedung Pertemuan Serba Guna, Perpustakaan, Ruang Inap wali santri putra dan wali santri putri.
9. Sarana Kesenian dan Olahraga Putra
10. Sarana Kesenian dan Olah Raga Putri
11. Ambulance yang siap 24 jam untuk melayani santri sakit
 
 
Profil ini dianggit dari http://ppalishlah.blogspot.com/p/profil.html, link share dari salah satu alumninya, Muhammad Rasyid Rido . Info lebih lengkap kunjungi laman tersebut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar