Minggu, 14 Juli 2013

KULTUM: ROKOK DALAM PANDANGAN ISLAM

Oleh: Junaidi hidayat
Assalammualaikum wr.wb

     Mungkin sebagian umat islam ada yang bertanta – Tanya mengenai haram atau halalnya rokok dalam pandangan islam. Apalagi sampai sekarang tidak ditemukannya hadis mengenai haram atau halalnya mengosumsi rokok.  Tapi, rasulullah menginggalkan beberapa hadis yang bisa kita semua jadikan acuan bahwa mengosumsi rokok itu haram atau halal.
}   لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ  {  أخرجه الإمام أحمد في المسند ومالك في الموطأ وابن ماجة
“ Tidak (boleh melakukan/menggunakan sesuatu yang) berbahaya atau membahayakan” (Riwayat Ahmad dalam Musnadnya, Malik dan Atturmuzi)”
     Allah swt. pun berfirman dalam surat al- a’raf ayat 75 yang artinya “Dia menghalalkan bagi mereka yang baik dan mengharamkan yang buruk”
     Dari hadits dan firman Allah tersebut mari kita uraikan zat yang kerkandung dalam rokok,apakah berbahaya atau tidak.
·         KANDUNGAN ROKOK
1.      Nikotin, merupakan zat beracun yang sebagian besar digunakan dalam pembuatan narkoba. Walaupun jumlah nikotin pada rokok hanya 1,1 – 2 gram namun apabila kita mengosumsinya rokok minimal 3 batang sehari dan melakukannya selama bertahun – tahun maka kita bisa kali kan jumlah nikotin yang kita kosumsi. Apalagi apabila 60 gram nikotin dalam bentuk cairan disuntikan diurat nadinya, sudah cukup mematikan kita dalam beberapa saat.
2.      Tar, biasanya zat ini digunakan dalam pembuatan aspal dan cat. Zat ini dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pernapasan.
3.      Karbon monoksida,zat ini dapat menyebabkan kita kekurangan oksigen dalam tubuh yang akan mengakibatkan kita sesak nafas.
4.      Ammonia, zat ini memilikki bau yang sangat tajam dan merangsang. Bahayanya dari zat ini adalah ketika zat ini berhasil memasuki arteri maka bisa membuat kita pingsan bahkan koma.
5.      Formic acid, zat yang satu ini dapat menyebabkan kelumpuhan apabila dikosumsi secara rutin.

Mungkin masih banyak lagi kandungan zat berbahaya didalam rokok namun, saya hanya menuraikan sebagian saja.

     Dari beberapa kandungan rokok tersebut menandakan bahwa bisa dipastikan mengosumsi rokok  menurut pandangan islam adalah haram. Karena lebih banyak keburukannya dari pada baiknnya. Sebab Allah mengharamkan bagi kita semua untuk mengosumsi hal – hal yang lebih banyak buruknya bahkan sampai bisa menimbulkan kematian.
      Dari data yang telah dihimpun selama tahun 2012 oleh pusat kesehatan dunia, kematian yang ditimbulkan oleh rokok menempati urutan pertama. Dikarenakan, rokok dapat menimbulkan kurang lebih 22 penyakit dalam tubuh apabila kita mengosumsinya.
     Lalu dimanakah baiknya mengosumsi rokok? Walaupun lebih banyak burunya tapi kenapa banyak orang yang mengosumsi rokok setiap tahun? Data yang telah dihimpun oleh kesehatan dunia menyatakan bahwa rokok memiliki efek yang bisa membuat yang mengosumsinya merasakan ketenangan, mengurangi ketengan saraf, merasakan kenikmatan, dan menumbuhkan rasa percaya diri.
Namun, dari semua baiknya apakah kita semua mau menukarnya dengan kesehatan yang telah diberikan oleh Allah swt. sedangkan telah dijelaskan bahwa menggunakan sesuatu yang membahayakan diri kita sendiri hukumnya adalah haram.
     Sejarah rokok pun bila dikaji ulang merupakan sebuah benda yang digunakan oleh suku Indian di Amerika sebagai proses upacara pemanggilan roh – roh. Lalu, apakah pantas kita sebagai umat islam mengosumsinya bahkan menjadikan rokok sebagai hal yang wajib dikosumsi? Sebagai umat rasulullah, kita semua harus bisa menjauhinya karena walaupun kita tetap nekat mengosumsinya sama saja membawa kita pada kehancuran. Sedangkan Allah melarang kita semua untuk mendekati diri kita pada kehancuran karena kesegajaan, ini tertera di firman –Nya surah al-baqarah ayat 195 yang artinya.
“ Jangan kalian lemparkan diri kalian dalam kehancuran”
    Allah swt. berfirman dalam surah An – nisa ayat 29, yang artinya..                                               
 “Jangan kalian bunuh diri kalian sendiri, sesungguhnya Allah maha penyayang terhadap diri kalian ”
      Dari penggertian ayat tersebut sudah jelas bahwa Allah dengan lantang melarang diri kita semua membunuh diri  sendiri dengan berbagai cara termasuk mengosumsi rokok. Karena mengosumsi rokok dapat menyebabkan kematian secara perlahan. Dari 2 Ayat tersebut merupakan bukti yang sungguh nyata. Jadi kalau islam melarang bahkan mengharamkan mengosumsi rokok sungguh wajar. Karena islam mengajarkan agar umat manusia selalu menjaga kesehatan dimana pu ia berada.
    
Jadi dari semua yang saya jelaskan bisa dipastikan islam mengharamkan mengosumsi rokok. Karena sifat rokok yang mematikan. Ada baiknya bila kita semua tetap menjaga perut dan semua anggota tubuh kita dari hal – hal yang haram. Karena kita tidak akan tahu kapan Allah akan memanggil kita semua. Untuk apa kesehatan yang kita miliki kalau hanya bisa kita nimati tapi tak dapat kita manfaatkan.
Mungkin itu saja yang saya dapat sampaikan. Apabila ada kesalahn kata, saya memohon maaf sebesar – besarnya. Karena saya hanyalah hamba Allah yang tidak lepas dari kesalahan.
Wassalamualaikum wr.wb.                                                           

    Junaidi hidayat, itulah nama asli dari siswa yang menempuh pendidikan di MAN Babulu kabupaten penajam paser utara ,provinsi Kalimantan timur ini. Dari keingginannya yang gigih mendukung anti rokok di Indonesia. Karena baginya rokok tidak hanya berbahaya namun juga haram dalam pandangan islam. Ia berharap dengan kultum ini orang – orang yang membacanya akan lebih mengetahui akibat bahaya dari rokok.

Alamat : jln. Trans sosial Rt. 004 kecamatan Babulu,kabupaten penajam paser utara,provinsi Kalimantan timurNilai : 83

Tidak ada komentar:

Posting Komentar