Minggu, 29 Juli 2012

JAWABAN DAN PEMENANG KUIS

Assalaamu'alaykum....

Hay sobat KPS.... gimana nih puasanya??? masih pada semangatkan??? pastinya dong ^_^


Nah, pada kesempatan ini kami akan menjawab dan mengumumkan pemenang kuis KPS edisi 01.
Udah pada penasaran yah...... ^_^ 

Tunggu dulu sobat......

Sedikit memberitahukan bahwa tujuan diadakannya kuis ini adalah untuk menambah semangat teman2 (dan kami juga) dalam mengetahui wawasan keislaman. Semoga memberikan manfaat buat sobat semua meskipun hadiah yang kami sediakan tidak seberapa. 

Dari jawaban sobat yang masuk, tidak ada jawaban yang salah, hanya saja karena ini kuis maka penilaiannya berdasarkan kecepatan dan yang paling tepat jawabannya. Mohon maaf buat yang kurang berkenan, dan bisa mengajukan kritik dan saran di sini :-)

JAWABAN KUIS KPS EDISI 01:

Bismillaahirrohmanirrohiim 

1. Asbabunnuzul Suroh Al-Kafirun:1-6:

Dalam suatu riwayat dikemukan bahwa  kaum Quraisy berusaha mempengaruhi Nabi  Shollahu ‘Alaihi wasallam dengan menawarkan harta kekeayaan agar beliau menjadi orang yang paling kaya di kota Mekah. Mereka juga menawarkan  kepada  beliau untuk menikahi wanita mana saja yang beliau kehendaki. Upaya tersebut mereka sampaikan kepada beliau seraya berkata: “inilah yang kami sediakan bagimu hai Muhammad, dengan syarat engkau jangan memaki-maki tuhan-tuhan kami dan menjelek-jelekkannya, atau sembahlah tuhan-tuhan kami selama setahun.” Nabi Shollallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Aku akan menunggu wahyu dari Robb-ku.” Maka turunlah surah  Al-Kafirun: 1-6.
Diriwayatkan oleh Ath-Thobroni dan Ibnu Abi Hatim dari Ibnul ‘Abbas.

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum kafir Quraisy berkata kepada Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam: “Sekiranya engkau tidak keberatan mengikuti agama kami (menyembah berhala) selama setahun, kami pun akan mengikuti agamamu selama setahun pula.” Maka Allah Menurunkan suroh ini.
Diriwayatkan oleh ‘Abdurrozzaq yang bersumber dari Wahb; dan (diriwayatkan pula) oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Juraij.

Dalam riwayat lain, dikemukan bahwa Al-Walid bin al-Mughirah al-‘Ashi bin Wail, Al-Aswad bin Al-Muththolib, dan umayyah bin Kholaf bertemu dengan Rasullah dan berkata: “Hai Muhammad! Mari kita bersama menyembah apa yang kami sembah, dan kami pun akan menyembah apa yang engkau sembah. Kita bersekutu dalam segala hal, dan engkau yang memimpin kami.” Maka Allah menurunkan Ayat ini untuk menolak tawaran mereka.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Sa’id bin Mina’

#COPAS Dari kitab Asbabun Nuzul karya K.H.Q. SHALEH H.A.A. DAHLAN dkk hal: 684

 2. Sunnah sebelum tidur: 

Sebenarnya pembahasan ini sangat panjang sekali. tetapi kami akan mencoba mengambil inti yang paling penting: 

"..... dan apabila malam telah berlalu sesaat lepaskanlah mereka (anak2). dan Tutuplah pintu-pintu rumah kalian serta sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. ikatlah juga tutup gentong kalian dan sebutlah nama Allah, serta tutuplah bejana2 kalian dan sebutlah nama Allah, meskipun hanya dengan melintangkan kayu di atasnya (untuk menutup) lalu matikanlah penerangan-penerangan kalian." (HR. BUKHORI MUSLIM)

Dari hadits di atas dapat kita ambil beberapa point tentang sunnah yang harus di lakukan sebelum tidur yaitu:
- Memeriksa pintu dan jendela2 apakah sudah benar2 tertutup
- Menutup penampungan air dan menutup makanan 
- Mematikan semua lampu yang masih menyala. 

Kemudian,
- Membersihkan (mengebas-ngebas tempat tidur)

- Berwudhu' karena tidur orang yang berwudhu' akan mendapatkan doa dari malaikat serta di anjurkan sholat witir. 

- Dianjurkan sekali menuliskan wasiat (amanah apa yang belum kita laksanakan, atau misalnya kita mempumyai hutang dengan si fulan, maka kita harus menuliskan semuanya) sebelum tidur sebab tidak ada yang dapat menjamin bahwa esok ia masih hidup. 

- Rasullah sebelum tidur , mengumpulkan kedua telapak tangannya (seperti orang berdoa) kemudian meniupnya dan membacakan suroh al-ikhlas, al- falaq dan an-nas. kemudian menyapukannya keseluruh tubuh yang dapat di jangkau dimulai dari kepala dan wajahnya. (Hadits shohih Bukhori)

-Kemdian membaca ayat Kursi dan 2 ayat terakhir dari suroh Al-Baqoroh.

Dari Abu Mas’ud al-Badri radhiyallahu ‘anhu dia berkata bahwa RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah barangsiapa yang membacanya di malam hari maka dua ayat tersebut akan mencukupi baginya” HR. Bukhory

- Membaca dzikir : Subhaanallah, Alhamdulillaah, Allahu Akbar (Masing2 sebanyak 33 x kali)

- Membaca doa mau tidur: " Bismikalllahumma amutu ahyaa"

-Membaca dzikir2 tambahan (bisa dilihat di kitab "Doa dzikir & wirid sehari-hari menurut al-qur'an dan sunnah karya Sa'id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani)

- Tidur di atas lambung kanan menghadap ke kiblat


3. Gelar untuk Khodiijah Radiallaahu'anha. 

"Ath-thohiroh (perempuan yang suci)" sedangkan gelar "ummul mukminin adalah gelar untuk semua istri Rasullah Shollallahu 'alaihi wasallam, namun biasanya juga disebut dengan "Khodiijatul kubro." dan juga wanita ahlul jannah. 

Inilah jawaban yang bisa kami sampaikan. Allahu Musta'an Wallaahu A'lam bish showwab.

Dengan menyebut nama Allah, pemenang kuis edisi o1 ini adalah:

~Ukhti Fidya ~

Baarokillahu fiik kepada ukhti Fidya semoga ilmunya berkah. Jaazakumullahu khoir. Mohon untuk mengirimkan nomor Hp. ke email komunitaspena.santri@gmail.com ditunggu seminggu dari sekarang. jika terlambat maka kami akan mengambil pemenang yang lain...

buat sobat yang lain jangan menyerah ya... jawabannya sudah benar kok, semoga tetap semangat mempelajari ilmu dien ini. Tunggu kuis selanjutnya yah sobat............

Wasallam

2 komentar:

  1. pemenangnya berdasarkn undian ya min..? kukira berdasar kebenaran jawaban.. :( pdhl jawaban ukhti Fidya ada yg salah loh... OK deh kalo begitu...

    BalasHapus
  2. Maaf telat gonfirmasi,
    kirain pengumumannya bukan lewat blog
    heee

    BalasHapus