Jumat, 25 Maret 2011

Pak Tani dan Kontes Jagung

Pak Tani dan Kontes Jagung

by : Binta Al Mamba


Masih ingat cerita tentang lilian dan sang maestro. yang duluuu banget pernah aku posting di note fb ini..
Nah ini sekuel berikutnya nih, masih berasal dari radio dapur yang selalu menemani pagiku memasak. pada acara gita inspirasi pagi yang dibawakan oleh penyiar gokil Eric dan Cia.
Cekidot...
Pada sebuah acara kontes jagung unggul di sebuah pedesaan keluarlah pemenang seorang petani yang santun dan murah senyum. dia bahagia sekali mendapatkan kemenangan itu.
Seorang wartawan mewawancarainya,
"Kalau boleh tau apa resep rahasianya agar jagung bapak bisa menjadi bibit unggul sebagus ini..?" tanya wartawan.
Pak tani itu tersenyum.
“Saya tidak pernah punya resep rahasia, jagung-jagung itu juga saya bagikan pada tetangga saya..." jawab pak tani, wartawan terlihat berkerut keningnya.
"Ketahuilah tuan, sesungguhnya jagung-jagung di ladang ini bisa berbuah karena serbuk sari yang jatuh pada putiknya. itu adalah satu-satunya ilmu yang saya ketahui. maka untuk memperoleh hasil yang baik saya juga berusaha membagikan benih-benih yang baik pada tetangga sekitar ladang saya. agar semua benang sari yang terbawa angin dari sekitar dan jatuh ke jagung saya benar-benar berasal dari benih terbaik. itu saja..." cerita pak tani yang mulai dimengerti oleh wartawan itu. dia mengangguk mengerti dan bersorak kagum dalam hati.
Benang merahnya..? bisa ditarik pada semua aspek kehidupan lho. prinsip pak tani diatas bahasa kerennya dinamakan prinsip 'win win solution' atau menang menang. prinsip ini sudah banyak dipraktekkan dalam dunia bisnis. persaingan tak harus mengusahakan lawan mengalami kekalahan kan.. sebuah pabrik selai memanfaatkan kelapa yang dibuang airnya, dari pada air kelapa dibuang percuma ternyata bisa diambil pabrik pembuat nata de coco.prinsip ini lebih menghasilkan keuntungan kontinyu dari pada usaha saling sikut antar pesaing.
Dalam dunia tulis menulis di area maya ini juga. semisal kita punya info lomba, trik menulis, dan ilmu-ilmu yang lain kenapa tak mau bertukar dan berbagi..? dengan menggunakan prinsip win win ini niscaya kita nggak akan merasa terpuruk saat mendapati kekalahan dan seorang teman yang kita kenal mendapat kemenangan. sungguh masih bisa tertawa nyengir saat tau kalah lomba. jika saat kita bisa kita mau berbagi pasti para pemenang itu akan mau kita dekati, kita mintai tips dan ilmu-ilmu keren untuk bekal belajar lagi.. iya kan.
Ritualku saat kalah lomba dan melihat nama pemenang adalah... langsung add dan PDKT :D
Banyak sekali penulis2 keren yang berjiwa ramah seperti pak tani dan jagungya yang unggul.
Cobalah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar