Jumat, 20 Desember 2013

Kultum: Orang Miskinpun Bisa Bersadaqah


Kultum: Orang Miskinpun Bisa Bersadaqah

Assalamualaikum Warahmatullahiwabaraktu
Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT, pertamakalinya janganlah kita membekukan lidah kita untuk mengucapkan rasa puji syukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah oleh kita sebagai hambanya. Kemudian janganlah kita lupa akan jasa-jasa Nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW karena beliaulah yang telah membawa ajaran Islam dari era jahiliah menuju era globalisasi yang dapat kita rasakan pada saat ini pula.
Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah SWT, Allah telah memberikan kenikmatan kepada setiap hambaNya agar kita tidak lupa untuk bersyukur terhadap apa yang telah diberikan kepada kita, contohnya saja ketika kita diberikan kenikmatan berupa nikmat harta hendaknya kita mensyukurinya dengan cara mensadaqahkan sebagian dari harta yang kita miliki. Ketika kita Allah memberikan nikmat harta kepada hambanya, ada Hamba yang sederhana yang senang dan ingin bersadaqah serta tidak pelit, namun ada banyak hamba yang kaya raya, diberi nikmat berupa harta benda yang sangat banyak tetapi pelitnya amit-amit sedangkan disisilain ada sebagian dari hamba yang kaya tersebut suka bersadaqah dengan kelebihan harta yang dimilikinya, lalu bagaimanakah orang sederhana yang tidak memiliki kelebihan harta melakukan shadaqah??? Apakah mereka diberi kemudahan untuk tidak bershadaqah???
Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah SWT. Bukan berarti orang yang tidak diberikan kelebihan harta tidak diwajibkan bersadaqah. Orang miskinpun bisa bershadaqah bahkan diwajibkan, bedanya mereka bersadaqah kepada anggota badan mereka. Didalam Hadist An-Nawawi No. 26 tentang shadaqah diterangkan
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ، كُلُّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَ تُمِيْطُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ
[رواه البخاري ومسلم]
Arinya: Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap anggota tubuh manusia wajib disedekahi, setiap hari dimana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah, engkau menolong seseorang yang berkendaraan  lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraanya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah ketika engkau berjalan menuju shalat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah.
Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah, dari Hadist ini dapat ita simpulkan bahwa kita wajib bershadaqah terhadap anggota tubuh kita, seperti halnya menolong orang, pergi ke masjid DLL semua kegiatan baik yang diniatkan untuk Allah adalah sadaqah, dengan demikian orang kurang mampu dan orang miskinpun bisa bershadaqah, bahkan dengan sholat dua raka’at duha bisa menggatikan shadaqah yang dilakukan oleh anggota tubuh kita, Pada Hadits lain riwayat Muslim disebutkan :
Setiap anggota badan dari seseorang di antara kamu dapat berbuat shadaqah. Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, amar ma’ruf adalah shadaqah, tetapi semuanya itu bisa dicukupkan dengan (melakukan) dua raka’at shalat Dhuha”.

hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah, ketika kita tidak diberikan kenikmatan harta yang cukup/lebih bukan berarti kita tidak bisah bershadaqah dan ketika kita diberi kenikmatan yang lebih bershadaqahlah, karena didalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 245 telah di jelaskan bahwa setiap kita bershadaqah maka Allah akan melipat gandakan shadaqah kita.

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), MAKA ALLAH MELIPAT GANDAKAN PEMBAYARAN KEPADANYA DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah marilah kita berlomba-lomba dalam kebenaran salah satunya dengan bershadaqah, karena bershadaqah disinibukan hanya dengan fakto kekayaan ataupun harta akan tetapi bisa melalui anggota tubuh, dzikir, shalat duha DLL.
Wallahua’alam

Wassalamualaikum Warrahmatullahiwabarakatu

Biodata Narasi
Nama Saya adalah Sanidaya Febrianto. Saya lahir pada tanggal 02 Febuari 1993 di kota Bandar Lampung, Lampung Selatan. Saya merupakan pertama dari empat bersaudara . Di Kabupaten lampung selatan ini, Saya tinggal di Jl.Sitara kecamatan Natar, Desa Kaliasin 1 RT.01 RW.01 Kode pos 35362.
Saat ini Saya duduk di bangku Universitas Muhammadiyah Metro semester empat.
Saya bisa dihubungi melalui email febrianto299@yahoo.co.id  
Dan facebook: Febri Al-kahfi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar